17
Nov
09

INTEGRITAS

1.integritas sebagai umat kristen yang sesuai

dengan firman Tuhan.

2.kita selaku mahasiswa dapat berintegritas

dalam hidupnya.

3.dampak hidup yang berintegritas, sehingga orang

melakukannya.

 

Topik : Kenakan diri Anda dari dalam keluar.

Ada satu cerita dari california;

Cerita ini tentang seorang remaja di california namanya Brandon Keefe, si Brandon ini beberapa tahun yang lalu tau bahwa ada panti asuhan anak-anak California menginginkan buku-buku untuk perpustakaannya, tapi tidak memiliki cukup uang untuk membelinya. Brandon mempunyai satu gagasan yaitu kampanye buku untuk membantu mereka. Kemudian gagasan itu di sampaikan kepada teman2 di kelasnya.   tapi gagasannya tidak hanya di ketahui oleh teman2 sekelas,  dia buat selebaran2, dia sampaikan ke kelas2 dan membuat seluruh skolahnya terlibat.  Hasil dari semuanya itu terkumpul 800 buku anak-anak, Brandon tidak berhenti sampai itu saja, dia kumpulkan lagi sampai hampir 10.000 buku untuk amal.

Apakah Brandon seorang pemimpin? Ya! Dia tidak hanya berbicara. Dia mengerjakannya !dan itulah ‘ Integritas’

Seseorang dengan integritas adalah ‘ Bagian dalam sama dengan bagian luar. Dia adalah orang  seperti yang  dia katakan. Dia melakukan seperti yang ingin dia lakukan.

 

Integritas ini berbicara soal kepemimpinan, dan juga  soal pengaruh. aku yakin kita semua di sini pastinya akan jadi seorang pemimpin,tapi seperti apakah karakter pemimpin yang akan kita tampilkan, apakah pemimpin yang berintegritas ( yang artinya jujur, dapat dipercaya),atau pemimpin yang suka cari muka,tukang bohong, munafik.

 

- 1 Korintus 9:27 -

Tetapi aku (Rasul Paulus) melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

 

Menjaga integritas merupakan pergumulan setiap orang percaya yang mau jadi murid Kristus.di tengah godaan dunia skarang yang sangat besar.

*apakah kita brani memiliki pola pikir yang berbeda dengan dunia?

*apakah kita dengan tegas berkata ‘tidak’ saat dosa menggoda di depan mata?

 

Rasul paulus memahami benar bahwa integritas adalah suatu keharusan bagi dirinya sebagai pembawa pesan TUHAN. tanpa integritas pelayanannya sebagai pembrita injil tidak akan efektif,tidak memiliki kuasa.itu brarti integritas adalah karakter yang berperan penting dalam menentukan suatu keberhasilan.

 

banyak defenisi dari kata integritas,ada yang mengatakan bahwa orang yang berintegritas adalah orang yang bertindak sesuai dengan prinsip, sesuai dengan apa yang dia katakan dan ia percayai.Dalam kamus juga ditulis defenisi integristas adalah keterpaduan, kebulatan,keutuhan,kejujuran,dan dapat dipercaya, dan mungkin teman2 punya pengertian sendiri tentang integritas, tapi ada satu defenisi integritas yang menurutku sederhana.

 

INTEGRITAS ADALAH KETIKA SESEORANG MELAKUKAN HAL YANG BENAR,

WALAUPUN TIDAK ADA ORANG LAIN YANG MELIHAT ATAU MEMPERHATIKAN.

 

Bagaimana kita dapat menghidupi integritas dalam kehidupan kita?

kalimat pertama dari 1 kor 9:27  sangat menarik kalau kita ulas lebih dalam lagi. kita lihat kata ‘melatih’ menyatakan bahwa integritas tidak di peroleh dlm waktu singkat, kita perlu waktu,perlu latihan alias ada proses didalamnya.dalam kebijaksanaan Allah,Allah mengijinkan adanya ujian integritas dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan iman kita.dalam ujian pastinya ada kegagalan dan keberhasilan, kegagalan ada untuk menunjukan bahwa kita takan mampu tanpa Allah, dan keberhasilan terjadi itu karna kerjasama kita dengan Roh Kudus.

 

secara implisit, kata ‘melatih tubuh’berarti tubuh itu bodoh, bisa juga tubuh tidak berdaya. karna itu perlu di perdayakan oleh  firman yang hidup.tubuh harus dilatih untuk tunduk kepada kebenaran, tubuh harus dilatih untuk berkata tidak terhadap keinginan yang brtntang dengan kehendak Allah.

 

kata ‘menguasai seluruhnya’,  memberi arti adanya pergumulan untuk bisa menaklukan tubuh dan anggotanya yang liar, dalam pertempuran selalu ada pihak yang menguasai dan di kuasai,siapakah yang berhak menguasai tubuh kita? kristus!(1 kor 6:20) dan yang harus di kuasai adalah tubuh kita.cara menguasainya? Allah memberikan suatu senjata yaitu Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang (Roma 13: 14)

 

menjaga integritas semaksimal mungkin bisa di mulai dengan komitmen, karna integritas akan terus di uji hingga matang dan dewasa sehingga mengarah kepada totalitas.sebagai orang kristen sudah jelas bahwa integritas penting dalam kesuksesan membangun karakter.sebab sebagai pengikut kristus kita di tuntut untuk memiliki integritas seperti Kristus ( matius 22: 16), integritas yang seperti apa? Yesus adalah seorang yang jujur, dan dengan jujur juga Ia mengajarkan jalan Allah dan Yesus tidak takut kepada siapapun karna Ia tidak mencari muka.

 

Kita lihat dalam Amsal  20: 7 dikatakan ‘orang yang berintegritas adalah orang yang benar, dan bagi umat manusia menjadi orang benar adalah mutlak. mengapa? karena Tuhan mendegar orang benar (Maz 34:17), Tuhan mengenal jalan orang benar (Maz 1:6) dan Tuhan memberkati orang benar (Amsal 20:7,Amsal 3:33)

 

Ini merupakan bagian pertama tentang apa itu integritas dan kenapa sebagai orang kristen kita harus berintegritas.

 

Yang kedua:

ada 4 fakta yang penting yang harus kita semua ingat bahwa :

  1. integritas tidak terjadi secara kebetulan

dalam alkitab, tokoh yusuf merupakan salah satu sosok yang patut di teladani. Tapi integritas yang di miliki yusuf ga terjadi secara kebetulan, di masa mudanya sudah di ajarkan untuk cinta dan takut Tuhan, kekuatan karakter,tabiat, serta integritas di miliki melalui proses yang di mulai sejak masa muda. Masalah yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari merupakan ujian iman yang melayakan kita untuk hal-hal yang lebih besar. Artinya kalau kita sudah terbiasa membuat keputusan yang benar untuk hal- hal kecil, maka kita juga akan terbiasa membuat keputusan yang benar untuk hal2 atau masalah atau pencobaan yang besar yang datang dalam kehidupan kita.  Karna itu untuk menjadi seorang yang berintegritas dimulai dari membuat keputusan yang benar untuk hal2 kacil sampai kepada hal2 yang besar.

  1. Integritas tidak di proleh dengan mudah

Seringkali dalam mempertahankan integritas kita harus rela dan siap kehilangan sesuatu. Sesuatu itu bisa saja  hubungan sahabat , pekerjaan kita, kesenangan kita dan hal2 lainnya. Dalam kehidupan Yusuf demi mempertahankan integritasnya dia kehilangan kedudukan, pekerjaan, dan bahkan di penjara.

  1. Integritas adalah alat yang efektif untuk penginjilan

Menurut salah satu penelitian oleh para ahli di bidang sosial, di dapat bahwa kehidupan satu orang dapat mempengaruhi kurang lebih 10.000 orang lainnya, di sekelilingnya baik  secara langsung maupun tidak langsung. contoh dalam alkitab: tokoh  Daniel (Daniel 3 : 28), contoh lain adalah Bill Bright.  Dengan demikian seseorang yang memiliki integritas berarti sementara menjadi saksi kepada banyak orang, baik itu keluarga, teman ataupun tetangga.

  1. Tuhan menyediakan upah bagi orang yang memiliki integritas

Di sekitar tahun 1893, george Bolt adalah seorang manajer di sebuah hotel kecil Philadelphia Amerika. Pada satu malam di dapati semua kamar di hotel penuh. Menjlang tengah malam datang seorang tua yang kelihatan sangat memerlukan tempat untuk menginap pada malam itu. Dia tidak mengenal orang itu tapi sebaliknya dia menawarkan kamar pribadi keluarganya, sementara dia dan keluarga tidur di kamar tempat para pelayan biasanya istirahat. Singkat cerita ternyata orang tua yang dia layani itu  adalah pemilik salah satu hotel termewah dan termahal di dunia yang terletak di New York City. Karna integritas yang di tunjukan oleh George Bolt  kepada orang tua itu maka dia di angkat menjadi manajer di hotelnya dan akhirnya menjadi salah satu pemiliknya. Menjadi orang yang memiliki integritas mungkin tidak mendapatkan upah yang sama dengan George Bolt, tapi yang pasti Tuhan yang empunya semua kekayaan di alam ini telah menyediakan upah yang besar bagi orang yang memiliki integritas.

 

Yang terakhir

Ada beberapa hal yang dapat menumbuhkan dan menguatkan integritas :

Temukan orang yang berani menantang kita bila kita keluar jalur, berikan ijin untuk memasuki lingkungan pribadi dan berbicara tentang kehidupan kita jika di perlukan ( galatia 2:11)

Semuanya itu kembali lagi kepada kita :

*apakah kita selaku anak Tuhan yang sudah di selamatkan ,brani memiliki pola pikir yang berbeda dengan dunia ini?

*apakah kita dengan tegas berkata ‘tidak’ saat dosa menggoda di depan mata?

Semoga kita menyelesaikan perlombaan ini dengan baik, Tuhan memberkati kita semua, Amin.

 


1 Response to “INTEGRITAS”


  1. November 18, 2009 pukul 7:02 am

    wah..pembahasan yg amat sangat panjang. all clear. smuga qt bisa mjd seperti paulus. btw..tukeran link yuk.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: